Tips bisnis

Tips-tips Manajemen Toko Agar Laris, Baik Toko Online Maupun Offline

Businesstechgear – Bagi Anda yang ingin membuka usaha dagang, maka salah satu cara yang bisa Anda tempuh adalah membuka toko, baik itu toko online maupun toko offline. Setelah menentukan apa yang akan Anda jual atau tawarkan di toko, Anda bisa mulai mengatur manajemen toko. Ini dilakukan agar bisnis Anda selalu berjalan sehat dan lancar dari tahun ke tahun serta menghindari kebangkrutan.

Tips bisnis

Bagi orang awam, mengelola toko tampak mudah, santai, dan bisa dilakukan siapa saja. Padahal, mengelola toko butuh ketelatenan, kesabaran, dan pengalaman. Tak heran banyak jenis usaha yang gulung tikar hanya karena manajemen tokonya buruk. Cash flow uang tidak jelas, stok barang selalu kosong, pricingnya ngawur, dan pelayanan konsumen yang buruk, semua itu disebabkan oleh sistem pengelolaan toko yang keliru.

Semenjak awal Anda berniat membuka usaha toko, terlepas dari apapun yang Anda jual, Anda harus sadar bahwa manajemen yang baik adalah kunci keberhasilan toko Anda. Entah itu toko kampung, toko kelontong, toko sembako, toko pengecer, toko grosir, toko agen, outlet, toko besar, toko mall, sampai toko online, semuanya hanya akan bertahan dan ramai pembeli jika pemiliknya pandai mengatur bisnisnya.

Nah, agar usaha toko Anda sukses dan ramai pembeli, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Manajemen keuangan

Cash flow yang baik adalah kunci utama kesuksesan sebuah toko. Seorang pengusaha harus memisahkan uang pribadi dengan uang toko dan selalu menghitung neraca rugi laba, modal, dan profit. Pedagang kecil biasanya memiliki buku catatan kecil tentang berapa banyak belanja yang sudah dia keluarkan dan berapa banyak penjualan yang dia dapatkan. Sementara untuk pedagang yang lebih besar, mereka biasanya melakukan pembukuan ketat dan detail.

Manajemen stok

Persediaan barang dagangan harus selalu dipantau dan diperhatikan. Pedagang tahu dagangan apa yang paling dicari dan yang jarang dicari, yang keuntungannya paling besar dan yang keuntungannya paling kecil. Itu semua harus dihitung dengan seksama agar pedagang tidak salah dalam mengatur stok. Jangan sampai pedagang menimbun barang-barang yang susah laku, namun barang-barang yang cepat laku justru selalu kosong. Pembeli pasti akan malas mendatangi toko kita.

Pelayanan

Pelayanan menyangkut banyak aspek, mulai dari pelayanan pembeli, menjaga kebersihan toko, memberi diskon dan persenan, hingga bersikap informatif. Ini perlu dilakukan agar setiap orang nyaman berbelanja di tempat Anda. Bila Anda memiliki karyawan, latihlah mereka untuk selalu bersikap ramah dan sopan kepada semua pembeli.

Kebersihan dan keindahan toko juga harus selalu dijaga. Usahakan toko Anda menjadi tempat yang nyaman untuk berbelanja, jadi jangan jejali toko Anda dengan berbagai barang sampai sesak. Tata sebaik dan serapi mungkin agar orang leluasa bergerak dan memilih-milih barang. Untuk membuat pembeli senang belanja di tempat Anda, jangan pelit memberikan kortingan, diskon, atau persenan akhir tahun kepada pelanggan setia.

Terakhir adalah selalu bersikap informatif dan terbuka. Kenali dengan baik produk-produk apapun yang Anda jual agar Anda bisa memberikan informasi yang benar pada pembeli. Selalu bersikaplah terbuka dan mau menerima saran. Ini semua penting bagi kemajuan toko Anda.

Mengelola toko online

Tak hanya toko berbasis offline, toko online pun juga butuh manajemen yang baik. Toko online bisa berbasis website, media sosial, atau e-commerce. Semua aspek yang disebutkan di atas tetap berlaku untuk toko online, mulai dari manajemen keuangan, manajemen stok, sampai pelayanan. Namun karena di toko online Anda dan calon pembeli tidak bisa bertatap muka langsung, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Membranding toko online

Apapun yang Anda jual, entah itu pakaian, kosmetik, pernak-pernik, gadget, perlengkapan rumah, perlengkapan hobi, dan lainnya, Anda perlu membuat online shop yang jelas brandingnya. Kesankan bahwa Anda profesional dengan membuat nama toko dan desain logo toko yang bagus dan mudah diingat, membuat deskripsi toko, mencantumkan semua kontak Anda, dari nomor handphone sampai alamat media sosial toko Anda, dan bahkan bila perlu membuat fitur chat agar pembeli bisa dengan mudah menghubungi Anda sewaktu-waktu.

Deskripsi dan foto produk

Di toko online, pembeli tidak bisa melihat atau menyentuh secara langsung produk yang mereka beli. Satu-satunya cara adalah melalui tulisan, foto, dan video. Melalui tiga hal itulah pembeli akan menimbang-nimbang apakah produk yang dia incar itu sesuai dengan yang tertera di deskripsinya.

Karena itulah buatlah deskripsi yang jelas, detail, lengkap dengan foto dan videonya. Bila Anda menjual baju, Anda tak cukup hanya menyertakan ukuran, tapi kadang Anda juga perlu memakai jasa model agar pembeli bisa mengira-ngira sendiri apakah baju tersebut cocok dan pas untuknya. Cantumkan pula taksiran ongkos kirim produk Anda, nomor rekening Anda, dan selalu informasikan resi pengiriman segera setelah Anda mengirimkan barang.

Selalu online dan responsif

Namanya saja toko online, Anda harus selalu online (kecuali memang Anda memberlakukan jam tutup) karena pembeli bisa berselancar sewaktu-waktu dan menghubungi Anda kapan saja. Salah satu keluhan pembeli online adalah penjual yang susah dihubungi dan kurang responsif. Mereka jarang membalas chat pembeli dan tak jarang mereka lalai atau telat dalam mengirimkan barang. Pembeli bisa khawatir bila Anda tak segera membalas pesannya setelah mereka melakukan pembayaran.

Nah, bila Anda kewalahan, carilah orang untuk Anda tunjuk menjadi admin toko online. Anda bisa menetapkan gaji yang layak dan jam onlinenya. Admin harus selalu terhubung dengan internet melalui ponsel ataupun PC. Melayani pembeli adalah nomor satu, dan kecepatan respons adalah yang paling utama.

Semua tips di atas harus disempurnakan dengan promosi yang baik. Toko Anda harus dikenali oleh sebanyak-banyaknya orang agar dagangan Anda laku. Ada banyak cara promosi, mulai dari beriklan di mesin pencari, di media sosial, di aplikasi, di website, atau menggunakan jasa endorser. Bentuk promosi lainnya yang pasti menarik adalah memberikan diskon.

Nah, setelah melakukan itu semua, kini hanya tinggal berdoa dan menjalankan rutinitasnya dengan semangat. Sebab terkadang hancurnya usaha bukan karena kendala teknis, tapi karena mental penjualnya yang drop duluan sebelum perang. Banyak pelaku usaha yang belum apa-apa sudah malas, bosan, dan lain sebagainya. Ini yang harus diperangi.

Ketahuilah bila Anda memang benar-benar mantap berbisnis sejak awal, maka buang jauh-jauh semua pikiran negatif itu. Negativitas tidak akan membawa Anda ke mana-mana, malahan hanya akan membawa Anda pada keterpurukan. Teruslah semangat menjalankan usaha toko Anda. Bersabarlah ketika di awal Anda masih berusaha mencari pelanggan dan toko sepi. Dan berbaiklah pada semua orang agar usaha Anda semakin dikenal orang.

Sebagai penutup kata, selamat berwirausaha ya dan semoga sukses!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *