Bisnis pakaian

 Tips Menjadi Reseller Baju yang Sukses dan Laris dengan Cara Cerdas

Reseller alias menjual kembali suatu produk dari supplier atau pedagang besar adalah bentuk bisnis yang sedang marak akhir-akhir ini. Reseller bisa ditemukan di segala jenis bisnis, mulai dari bisnis fashion, kuliner, produk kecantikan, perlengkapan hobi, dan sebagainya. Untuk bisnis fashion, ada kesempatan yang sangat luas untuk terjun ke dalamnya sebagai apa saja, tak terkecuali sebagai reseller.

Bisnis pakaian

Anda bisa menjadi reseller secara online maupun offline, tergantung kebutuhan dan kemampuan Anda. Yang pasti, siapapun bisa menjadi reseller asal tahu ilmunya. Dengan modal ketelatenan, seseorang bisa menjadi reseller baju yang sukses, bahkan bisa lebih sukses dari suppliernya sendiri. Semua itu bisa diraih dengan niat, kerja keras, dan tentunya strategi bisnis yang baik.

Meski tergolong mudah, menjadi reseller tidak bisa dimulai begitu saja. Jika dimulai secara serampangan, resikonya adalah lapak Anda sepi, tidak diminati orang (dan bahkan tidak dikenali orang), cashflow kacau, dan sebagainya sehingga usaha Anda tidak akan bertahan lama. Sebaiknya niati dari awal bahwa ini akan menjadi bisnis jangka panjang Anda, baik itu sebagai bisnis utama maupun bisnis sampingan.

Ada beberapa tips teknis yang perlu Anda ketahui sebelum menjadi reseller yang sukses.

Memilih produk

Pasar fashion sangatlah luas dan Anda bisa bermain di berbagai sektor. Sebaiknya fokuslah terlebih dahulu pada satu jenis baju yang paling populer dan cepat laku agar perputaran uang Anda cepat. Beberapa item fashion yang paling laris antara lain pakaian wanita, pakaian anak, jersey olahraga, kaos distro, dan baju Muslim (termasuk hijab). Bila Anda memilih pakaian wanita, Anda bisa memilih yang lebih spesifik lagi, misalnya kaos atau baju rajutan wanita.

Mempelajari produk

Setelah Anda memilih satu item, pelajarilah segala detail tentang item Anda. Cari tahu apa model yang paling populer, warna yang lagi ngetren, dan bahan yang paling disukai orang. Posisikan diri Anda sebagai calon pembeli, Anda perlu mengetahui segala detail tentang barang yang hendak Anda beli, bukan? Maka sebagai reseller pun demikian, Anda harus paham betul segala detail tentang baju yang Anda jualkan.

Meriset persaingan

Setelah Anda paham dengan produk yang akan Anda jual, lakukan riset kecil-kecilan di internet tentang tingkat persaingannya. Seberapa banyak penjual baju sejenis produk Anda, di mana saja mereka berjualan, siapa saja targetnya, bagaimana metode promosinya, dan berapa kisaran harganya? Pasanglah harga yang bersaing atau lebih murah. Banyak reseller sukses memilih mengambil untung sedikit tapi laku keras alih-alih mengambil untung banyak tapi jarang laku.

Mencari supplier

Kini saatnya Anda mencari supplier atau pedagang besar yang bisa menyuplai barang pada Anda sesuai kebutuhan tanpa perlu menyetoknya di rumah. Berhati-hatilah dalam mencari supplier, jangan sampai tertipu dengan harga miring dan embel-embel lainnya. Bila memungkinkan, datangi langsung supplier Anda di tempat usaha mereka untuk mengecek sendiri bagaimana usahanya.

Bila Anda mencarinya secara online, pastikan untuk mencari supplier dengan reputasi baik di e-commerce terkemuka. Pastikan pula kualitas barang yang mereka punya baik dan sesuai dengan apa yang ingin Anda tawarkan ke konsumen.

Memasarkan produk

Bila supplier sudah didapatkan dan bisa menyuplai kebutuhan Anda, kini saatnya Anda berdagang. Langkah pertama tentu saja adalah mengenalkan produk pada khalayak dengan cara promosi. Ada bermacam cara promosi yang bisa Anda tempuh. Jika Anda adalah reseller baju online, buatlah lapak di tempat yang menurut Anda paling nyaman, entah itu di website pribadi, media sosial, atau bergabung menjadi anggota e-commerce. Mulailah memasarkan produk, membuat deskripsi produk yang meyakinkan dengan harga murah, serta berikan diskon untuk menarik semakin banyak calon pembeli.

Menjadi reseller sukses memang butuh perjuangan, tapi Anda bisa melakukannya dengan senang hati tanpa mengganggu aktivitas harian Anda. Jika Anda ingin menggapai kesuksesan finansial melalui perdagangan online, ingatlah selalu beberapa kiat berikut:

Niat yang baik

Semua diawali niat. Jika sejak awal niat Anda sudah baik seperti mencari rezeki yang barokah tanpa menipu orang, maka segala kemudahan akan menyertai Anda. Selalu jaga niat Anda dari pikiran-pikiran kotor dalam berbisnis.

Tekun dan sabar

Tak ada usaha yang tiba-tiba sukses jika tidak diperjuangkan. Untuk itulah diperlukan ketekunan dan kesabaran untuk meraih impian Anda. Anda harus mampu berdedikasi, tidak setengah-setengah dalam berdagang atau hasilnya juga akan setengah-setengah. Curahkan waktu, energi, dan pikiran untuk bekerja dan bekerjalah dengan sabar sampai Anda memiliki cukup banyak pelanggan.

Selalu jujur

Dalam bisnis online, kejujuran adalah masalah yang genting. Karena tak bisa bertemu langsung, maka sebagian besar transaksi online hanya berlandaskan pada asas kejujuran dan saling percaya. Deskripsikan produk Anda dengan informasi yang sebenar-benarnya, tidak dibumbui sesuatu yang salah dan menyesatkan. Seringkali pelanggan yang kecewa dengan produk yang dibelinya secara online tidak akan kembali ke toko Anda dan bahkan bisa membuat reputasi toko Anda turun melalui rating dan komentar buruk. Belum lagi jika ulasan buruk itu viral, toko Anda bisa bangkrut seketika!

Responsif

Selain jujur, selalu responsif juga menjadi kunci kesuksesan menjadi pedagang online, termasuk reseller baju. Calon pembeli dari berbagai kalangan bisa datang sewaktu-waktu untuk melihat dan menanyakan produk Anda. Anda harus sigap menjawab semua pertanyaan mereka. Bila Anda lamban merespon mereka, mereka bisa pergi begitu saja dan memilih mencari barang di toko lain. Anda tak perlu harus online 24 jam selama 7 hari, Anda bisa mengatur jam buka tutup toko Anda dan memasang pengumumannya di lapak. Anda juga bisa menyewa admin toko jika sudah mampu.

Itulah berbagai tips dan kiat penting dari kami agar Anda sukses berbisnis sebagai reseller. Sebagai penutup, kami akan berikan beberapa saran tambahan. Yang pertama adalah giatlah dalam bekerja. Kita tahu sendiri bahwa di jaman yang serba sulit ini kita dituntut untuk selalu semangat dalam mencari nafkah. Maka jangan pernah mengeluh dan berhenti berusaha sampai Anda benar-benar menemukan batu lompatan yang baik.

Yang kedua adalah bersikaplah baik kepada siapapun, terutama kepada calon pembeli atau pelanggan. Mungkin mereka hanya bertanya-tanya dan membuang waktu Anda tanpa membeli apapun. Jangan kecil hati, mungkin rejeki Anda belum waktunya datang. Tetap layani setiap pertanyaan mereka dengan baik dan ramah, maka Anda akan mendapatkan nilai plus di mata mereka.

Kemudian saran kami yang ketiga adalah biasakan menggunakan cara pembayaran yang aman dan terpercaya. Gunakanlah nomor rekening yang umum dipakai dalam jual beli online seperti BCA, Mandiri, dan BNI untuk memudahkan transaksi. Hindari menggunakan alat pembayaran online yang tidak jelas demi keamanan Anda sendiri.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *