Kerja lepas

Inilah Situs-situs Freelance Indonesia Paling Populer untuk Bisnis Online

Kerasnya persaingan hidup dan sulitnya mencari lapangan pekerjaan membuat orang harus berpikir kreatif agar bisa bertahan hidup. Apalagi di zaman sekarang di mana angkatan kerja semakin membludak, sedangkan lapangan pekerjaan yang ada tidak bisa menampung semua calon pekerja. Untungnya kita hidup di era digital di mana mencari kerja bisa menjadi lebih mudah. Banyak situs-situs lowongan pekerjaan tetap dan lepas yang bisa Anda jelajahi dari rumah.

Kerja lepas

Selain situs lowker, internet juga menyediakan banyak situs workspace yang memungkinkan siapapun untuk bekerja secara freelance atau remote dari rumah. Ini menarik sebab situs-situs tersebut mempertemukan para pencari pekerjaan dengan para pemberi pekerjaan alias employer. Pekerjaan dikelompokkan dalam berbagai kategori dan biasanya bersifat microtask alias job-job kecil.

Freelancer bisa mendaftarkan diri di situs-situs tersebut untuk mencari pekerjaan sampingan atau bahkan jika beruntung direkrut menjadi freelancer tetap. Mereka harus pandai-pandai memilih dan memilah job yang sesuai dengan skill dan passion mereka, mengukur kemampuan, mengatur waktu, meyakinkan para pemberi pekerjaan, dan tentu saja menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna.

Jika tertarik dengan skema kerja freelance Indonesia, Anda harus tahu dulu apa minat dan bakat Anda dan jenis pekerjaan apa yang Anda inginkan. Sesudah itu buatlah data diri yang bagus beserta data diri. Ungkapkan siapa diri Anda, apa latar belakang pendidikan Anda, dan kenapa Anda layak dipilih untuk mengerjakan proyek dari employer. Jangan lupa cantumkan pula portofolio atau bukti pekerjaan yang sudah Anda buat untuk semakin meyakinkan calon bos.

Sebelum membahas situs-situs tersebut lebih jauh, kita cari tahu dulu kenapa sih jadi freelancer itu enak.

Kelebihan Kerja Freelance di Internet

Fleksibel

Ini adalah alasan utama kenapa banyak orang tertarik bekerja sebagai freelancer. Mereka bebas mengatur waktu dan tempat kerja karena tak harus masuk kantor dari pagi sampai sore. Mereka sepenuhnya harus memanage waktu mereka sendiri agar bisa memenuhi tuntutan kerja atau deadline yang diberikan. Meski tak diawasi, freelancer harus tetap disiplin dalam bekerja. Beberapa situs bahkan mewajibkan para freelancernya untuk memberikan laporan progress kerjanya.

Bekerja sesuai minat dan skill

Kadangkala mencari pekerjaan di dunia nyata yang sesuai dengan minat, skill, dan latar belakang pendidikan sangat susah. Tak heran banyak orang bekerja di perusahaan tertentu tanpa menggunakan ilmu yang didapatnya dari kuliah alias job descriptionnya nggak nyambung! Di situs freelance, Anda hanya perlu menentukan skill Anda, apa yang Anda kuasai, sehingga sistem akan menyorting job-job terbaru yang sesuai kemampuan Anda.

Sistem kerja jelas

Meski bekerja secara remote, bukan berarti freelancer bisa bebas sebebas-bebasnya. Mereka perlu berkomunikasi secara intens dengan pemberi kerja, baik perseorangan ataupun perusahaan, sebelum mulai mengerjakan proyek. Setelah terpilih menjadi pemenang lelang atau tender, freelancer akan dihubungi pihak pemberi kerja untuk memberikan job description dan deadline. Sistem biasanya juga akan ‘menagih’ progress kerja freelancer. Dan jika freelancer tidak dapat memenuhi tuntutan employer, maka berbagai hukuman bisa diterima, seperti pengurangan poin reputasi atau dicekal dari semua proyek.

Pembayaran terpercaya

Bagaimana menerima gajian bila kita tak pernah ketemu employernya? Apakah employer pasti akan membayar kita, bagaimana bila mereka curang, seperti tidak membayar kita setelah pekerjaan kita selesaikan? Tenang saja! Sistem sudah mengatur semua itu. Sebelum memulai proyek, employer diwajibkan menyetor uang senilai proyek kepada situs sebagai jaminan sekaligus sebagai gaji freelancer. Ketika freelancer menyelesaikan tugasnya, employer akan memeriksa pekerjaan dan jika sudah puas mereka akan meminta sistem untuk membayar freelancer. Uang pun masuk ke rekening kita deh!

Mudah, nggak ribet

Inilah enaknya kerja jadi freelancer online. Anda tidak perlu berpakaian rapi, membawa lamaran pekerjaan dan CV, atau interview. Cukup lampirkan data diri beserta foto, deskripsi diri, portofolio, dan jenis-jenis job yang bisa Anda eksekusi. Kemudian Anda tinggal menjelajahi situs untuk mencari job-job yang sesuai (sistem juga akan mengirim email pemberitahuan tentang job baru). Lalu lakukan bidding (melamar pekerjaan) dan jika terpilih, saatnya Anda bekerja!

Nah setelah paham dengan pengertian situs freelancer dengan segala kelebihannya, kini saatnya Anda mencari situs mana yang terbaik dan paling terpercaya. Lalu situs-situs freelancer apa saja nih yang paling direkomendasikan? Berikut beberapa di antaranya.

Situs-situs Freelance di Indonesia

Freelancer Indonesia

Bisa dibilang ini adalah situs freelancer paling besar di Indonesia. Jumlah employer dan employeenya mencapai puluhan bahkan ratusan ribu, demikian pula dengan aneka job yang dipajang. Freelancer juga hadir di berbagai negara, jadi reputasi mereka sudah tak perlu diragukan lagi. Situs ini menyarankan Anda untuk memoles biodata dan portofolio sebaik mungkin untuk memikat calon pemberi kerja.

Projects.co.id

Berikutnya ada Projects.co.id. Situs ini adalah idaman bagi mereka yang memiliki skill-skill seperti menulis, menggambar, mendesain, koding, menerjemah, dan sebagainya. Proyeknya bervariasi, dari proyek berbudget besar (5 juta ke atas) hingga proyek mikro yang berbudget 50 ribu saja. Situs ini mengutip fee 10% dari nilai kontrak yang disepakati freelancer dan employer.

Sribulancer

Mirip dengan Projects.co.id, di sini juga ada banyak job-job kecil yang bisa dikerjakan untuk mencari uang tambahan jajan. Mulai dari job menulis sampai fotografi bahkan menjadi admin medsos, semuanya ada. Sribulancer populer di kalangan freelancer muda atau mahasiswa yang ingin mengasah skillnya sambil mencari uang.

99Design

Khusus buat Anda yang jago editing foto menggunakan Photoshop atau Corel Draw, 99Design adalah situs yang Anda cari. Di sini para employer mencari berbagai jasa desain, mulai dari desain logo perusahaan, website, pakaian, interior, dan sebagainya. Sistem yang dipakai adalah kontes di mana para desainer diminta mengerjakan logo sesuai permintaan, dan jika employer menyukai karya Anda, maka karya Anda akan dibeli dengan harga mahal. Menarik bukan?

Kerja freelance alias kerja lepas di internet hanyalah satu pilihan. Masih banyak pilihan lain untuk kerja online di internet yang akan kami bahas dalam artikel-artikel selanjutnya. Yang pasti, untuk kerja freelance online Anda perlu bersabar dan bekerja keras. Terutama bila Anda masih dalam tahap pemula yang berusaha mencari job awal untuk meningkatkan reputasi.

Setelah reputasi Anda meningkat, maka tawaran demi tawaran akan datang dengan sendirinya. Dan Anda pada akhirnya akan bisa menciptakan bisnis Anda sendiri dengan menjual jasa. Bahkan suatu hari Anda bisa mulai merekrut karyawan untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai proyek dari klien. Semua ini diawali dari kerja keras babat alas menjadi seorang pekerja lepas di internet.

Demikian pembahasan kami tentang situs freelance paling top di Indonesia. Semoga ini bisa menginspirasi Anda semua.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *