KUR

Ingin Modal Usaha dengan Bunga Ringan? KUR Jawabannya

Tak bisa dipungkiri bahwa bergelut di dunia bisnis membutuhkan modal uang, dan inilah kendala yang menghadang sebagian besar orang yang ingin terjun sebagai wiraswasta di bidang apapun. Modal adalah masalah utamanya, sehingga niat mereka untuk berbisnis pun diurungkan. Sayang sekali! Padahal, ada jenis kredit usaha resmi dan terpercaya dari bank nasional melalui program prioritas pemerintah, yaitu KUR (Kredit Usaha Rakyat).

KUR

Sesuai ketentuannya, KUR ditujukan untuk melakukan pembiayaan modal kerja atau investasi kepada perseorangan, badan usaha, ataupun kelompok usaha produktif. Program ini bertujuan meningkatkan dan memperluas usaha produktif masyarakat, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), mendorong pertumbuhan ekonomi, serta menyerap tenaga kerja. Dengan adanya KUR, masyarakat kini bisa melakukan peminjaman modal untuk usaha dengan aman.

KUR memiliki banyak keunggulan dibandingkan program pinjaman lain dari institusi lain. Berikut adalah beberapa kelebihan KUR yang perlu Anda ketahui.

Aman

Dalam segala aktivitas yang melibatkan uang, keamanan adalah yang paling utama. KUR adalah jenis pinjaman yang sangat aman karena ini adalah program resmi pemerintah, bukan program abal-abal. Pemerintah bekerjasama dengan bank membuat regulasi yang jelas dan bisa dipahami dengan mudah. Agunan Anda aman, tidak ada syarat tersembunyi, dan tidak ada penipuan.

Mudah

KUR juga mudah diajukan karena memang diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan uang untuk modal usaha. Beberapa dokumen dibutuhkan sebagai syarat pengajuan (akan dijelaskan di bawah) dan prosesnya tidak terlalu lama. Uang bisa Anda cairkan dengan segera bila segala syarat sudah Anda penuhi dan bank menilai Anda layak menerima pinjaman.

Bunga ringan

Ini adalah keunggulan utama KUR dibandingkan program pinjaman bank lainnya atau program pinjaman bank/koperasi swasta, yaitu bunganya yang sangat ringan. Calon debitur tidak akan terbebani dengan cicilan tinggi setiap bulannya. Beberapa bank bahkan memberikan layanan mikro dengan bunga sebesar 1% saja flat per bulan.

Tenor fleksibel

Tenor alias jangka pinjaman juga bisa dinegosiasikan dengan bank, tergantung kualitas agunan, jenis usaha, dan besarnya pinjaman Anda. Umumnya tenor KUR adalah 1-2 tahun, tapi Anda juga bisa mengajukan tenor yang lebih panjang.

Tersedia di banyak bank

Untuk mencari bank yang menerima program KUR tidaklah susah. Bank-bank terbesar kita sudah diamanati pemerintah untuk menyalurkan dana pinjaman pada masyarakat melalui program ini. Mereka siap melayani masyarakat dengan ramah dan amanah, jadi Anda tak perlu waswas ketika akan mengajukan pinjaman.

Persyaratan mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) cukup mudah. Berikut adalah syarat-syarat yang wajib Anda penuhi.

– Memiliki usaha yang layak dan produktif yang sudah berjalan minimal enam bulan. Usaha tersebut juga memiliki cashflow yang sehat dan dibuktikan dengan bukti-bukti transaksi.

– Tidak sedang menerima pinjaman atau kredit dari instansi keuangan lainnya, kecuali jenis kredit konsumtif seperti KKB, Kartu Kredit dan KPR.

– Melengkapi persyaratan administratif seperti KTP, KK, SKU (Surat Keterangan Usaha) dari kelurahan, dan yang pasti lolos BI checking. Beberapa bank ada yang meminta dokumen tambahan seperti NPWP, SIUP, rekening koran 3 bulan terakhir, dan slip gaji atau surat keterangan penghasilan.

– Jika KUR Anda memakai agunan, seperti BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), maka siapkanlah dokumennya.

Bila semua persyaratan itu sudah bisa Anda penuhi, Anda tinggal datang langsung ke bank yang bersangkutan atau menghubungi marketingnya. Di bank Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan pinjaman Kredit Usaha Rakyat dan bank akan meminta waktu selama maksimal 3 hari untuk melakukan BI checking. Bila Anda lolos BI checking, bank akan menjadwalkan kunjungan ke rumah atau tempat usaha Anda.

Ketika survey, petugas bank akan mewawancarai Anda. Mereka akan menanyakan segala seluk beluk tentang usaha Anda, mulai dari pendirian, omzet, sistem usaha, keuntungan, dan lain sebagainya. Utarakan sebaik-baiknya karena pihak bank sedang menilai apakah Anda layak untuk menerima pinjaman atau tidak. Petugas akan memfoto tempat usaha Anda dan di akhir survey mereka akan berfoto bersama Anda di depan tempat usaha sebagai verifikasi.

Jika pihak bank menilai Anda layak, maka Anda akan langsung di-ACC dan diminta datang ke kantor bersama pasangan untuk melakukan akad alias penandatanganan kontrak. Bawalah dokumen jaminan beserta barang jaminannya (bila jaminannya adalah kendaraan) dan petugas akan berfoto bersama Anda di depan barang jaminan. Bank akan memeriksa dokumen agunan dan membawanya. Akad pun bisa dilakukan.

Setelah penandatanganan kontrak, bank akan menginformasikan kapan uang akan masuk ke rekening Anda (sebelumnya pastikan Anda sudah mendaftar sebagai nasabah bank tersebut atau jika belum bank akan membuatkan rekening untuk Anda). Bank juga akan menginformasikan segala hal terkait teknis pinjaman Anda, mulai dari jangka waktu, sistem pembayaran, bunga, denda, dan pelunasan. Mereka juga akan memberikan nomor kontak untuk Anda hubungi sewaktu-waktu bila ada masalah.

Nah, kini tugas Anda adalah mengangsur tepat waktu. Agar reputasi Anda baik dan dipercaya bank (tidak diblacklist), jangan sampai Anda menunggak dari kewajiban Anda. Biasanya bank memberlakukan sistem penarikan otomatis dari rekening, jadi menjelang hari jatuh tempo Anda harus mendepositkan uang ke rekening tersebut. Gunakan uang dari pinjaman itu sebaik-baiknya untuk keperluan usaha, baik untuk mengembangkan usaha yang sudah Anda punyai sekarang atau bahkan menjajal usaha baru.

Usaha baru

Dunia usaha sangat luas, Anda bisa mencoba hal-hal lain dengan perhitungan yang matang. Salah satu bisnis mudah yang membutuhkan modal sangat kecil adalah jual beli produk digital seperti token listrik atau pulsa telepon. Anda juga bisa membuka jasa loket pembayaran PDAM, PLN, BPJS, internet, pemesanan tiket kereta api, dan sebagainya. Bisnis kecil-kecilan ini bisa Anda jalankan sebagai sampingan usaha asli Anda.

Alternatif lainnya adalah berdagang online, baik menjadi pengecer maupun reseller. Bisnis ini juga tak butuh banyak modal dan tempat usaha. Anda bisa menjalankannya di mana saja selama ada jaringan internet. Berbisnis di zaman digital ini menjadi semakin mudah karena banyaknya marketplace yang mendukung kegiatan usaha Anda.

Yang pasti, Anda harus punya bidang usaha mumpuni supaya Anda tidak sampai gagal bayar. Karena bank akan menilai usaha Anda sebelum meminjam, maka pastikan usaha Anda sehat dan profitable. Ajukan pinjaman uang yang wajar yang sekiranya ringan untuk Anda. Dan setelah Anda mendapatkan pinjaman, maka Anda harus tepat waktu dalam membayarnya, jangan sampai telat atau Anda akan terkena denda.

Demikianlah pembahasan kami tentang hutang KUR yang disediakan pemerintah. Semoga usaha Anda lancar dan pengajuan hutang Anda disetujui ya supaya Anda bisa meningkatkan bisnis Anda. Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini untuk berbagi dengan pembaca lainnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *