Mitra kerja

Cara Mencari Mitra Usaha yang Tepat Agar Bisnis Lancar

Semua jenis bisnis membutuhkan kemitraan alias kerjasama dengan pihak lain. Dalam perdagangan, kemitraan itu bisa dalam bentuk kerjasama antara produsen dengan distributor, agen dengan pengecer, atau pedagang dengan reseller. Keberadaan mitra kerja ini haruslah bersifat saling menguntungkan dan dilandasi kejujuran. Bila kedua mitra sama-sama bekerja dengan benar, maka kedua pihak akan sama-sama diuntungkan.

Mitra kerja

Kemitraan terjalin dalam berbagai lini dan skala usaha. Baik itu usaha kecil, menengah, atau besar, kerjasama antara pihak yang memiliki keterkaitan usaha umum dijalin. Kemitraan yang baik harus memenuhi beberapa unsur, antara lain adanya hubungan kerjasama antar kedua belah pihak, adanya hubungan timbal balik yang saling menguntungkan, adanya keterbukaan dan kesetaraan di antara pihak.

Produsen tidak bisa memasarkan produknya sendiri tanpa bantuan distributor, demikian pula distributor tidak akan bisa berjualan bila produsen tidak memproduksi barang. Pola hubungan yang saling membutuhkan ini membuat kedua belah pihak berada dalam keadaan yang saling bergantung; karena itulah keduanya perlu bekerjasama dengan baik.

Ada berbagai jenis kemitraan dalam perdagangan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Kemitraan inti plasma

Pola kemitraan ini ada dalam berbagai skala usaha, di mana pengusaha besar berfungsi sebagai inti, sedangkan pengusaha kecil menjadi plasma. Perusahaan besar akan memberikan pendampingan dan pendidikan bagi pengusaha kecil mulai dari produksi sampai pemasaran.

Subkontrak

Ini adalah pola usaha di mana pengusaha besar bertugas memproduksi berbagai komponen yang dibutuhkan oleh pengusaha kecil. Meski pengusaha kecil menjadi amat bergantung pada pengusaha besar, mereka bisa mengerjakan sebagian produksi sendiri.

Dagang umum

Kemitraan dagang umum adalah pola yang paling sering ditemukan di masyarakat, di mana pengusaha kecil berfungsi sebagai produsen yang memasok produk atau komponen yang dibutuhkan pengusaha besar dan menengah.

Waralaba

Waralaba atau franchise adalah bentuk kemitraan modern di mana pengusaha besar memberikan lisensi pada para pengusaha kecil untuk membuka usaha yang sama. Pemilik franchise akan memberikan peralatan usaha dan bimbingan kepada mereka yang mau menjadi mitranya.

Keagenan

Agen mirip dengan distributor, bedanya agen diberi hak khusus untuk memasarkan suatu produk langsung dari produsen. Sebagai usaha skala kecil, agen berfungsi menyalurkan barang dan jasa dari produsen sampai konsumen dan juga melayani pengecer.

Joint venture

Joint venture adalah sistem usaha berdasarkan patungan yang dilakukan secara legal oleh beberapa pengusaha. Keuntungan akan dibagi rata dan kerugian juga akan ditanggung bersama. Tak hanya perseorangan, badan usaha atau perusahaan pun bisa membentuk joint venture.

Adanya berbagai skema kerjasama atau kemitraan memudahkan setiap pengusaha untuk memilih mana yang terbaik. Namun yang paling penting adalah bagaimana mencari rekanan yang baik? Jatuh bangunnya suatu usaha juga dipengaruhi oleh mitra bisnis. Karena itulah memilih mitra bisnis untuk jangka panjang tidak boleh sembarangan.

Berikut beberapa tips penting untuk memilih mitra atau partner bisnis yang tepat.

Jujur

Hal utama dalam berbisnis adalah kejujuran. Bisnis apapun jika tidak dilandasi kejujuran akan hancur. Integritas seorang pengusaha harus dibuktikan lewat tindakan. Ini adalah kunci pertama dalam memilih rekanan bisnis yang tepat. Jika Anda sudah mendapat mitra usaha yang jujur, maka berikan reward padanya untuk menjaga integritasnya.

Pekerja keras

Seringkali bisnis menjadi mandek karena mitra usaha Anda tidak bisa memenuhi ritme kerja Anda. Dalam perdagangan misalnya, jika mitra produsen malas, maka stok sering kosong dan konsumen terbengkalai. Demikian pula jika mitra distributor Anda kurang aktif, maka penjualan akan stagnan dan bahkan menurun.

Kenali kepribadian mitra Anda

Setiap orang berbeda, demikian pula dengan mitra usaha Anda. Selain jujur dan pekerja keras, cari tahu apakah dia merupakan orang yang punya visi dan misi sama dengan Anda? Bagaimana gambaran kehidupan pribadinya? Apakah dia penuh masalah? Jangan sampai hal-hal yang sifatnya pribadi atau di luar bisnis menganggu usaha Anda. Karena itu, kenali setiap mitra Anda dan bersahabatlah dengan mereka.

Berpengalaman

Sebenarnya, pengalaman bukanlah hal yang utama dalam hal mencari mitra bisnis. Pengalaman bisa dicari dan didapatkan melalui proses. Namun bila Anda merasa tak punya cukup waktu untuk melatih seseorang untuk menjadi mitra bisnis Anda, carilah yang berpengalaman. Ini akan memudahkan Anda dalam berbisnis karena dia sudah paham dengan dunia usaha yang Anda geluti.

Cari kelebihan setiap mitra

Para mitra Anda sebaiknya memiliki kelebihan sendiri-sendiri sehingga bisa saling melengkapi. Misalnya, seorang mitra Anda adalah orang yang ulet dan rajin, namun kurang pandai berkomunikasi dengan pelanggan atau pengusaha lain. Maka carilah mitra lain yang lebih pandai berkomunikasi untuk mendampinginya. Kekuatan mitra yang saling melengkapi ini bisa sangat berguna dalam memajukan usaha Anda.

Bertanggungjawab

Tanggungjawab juga jadi kriteria utama dalam memilih calon mitra. Seorang mitra yang baik akan selalu bekerja sesuai aturan, bisa mempertanggungjawabkan semua transaksinya, dan tidak menipu Anda di belakang. Bila mitra Anda sering abai dan lalai dalam menjalankan tugasnya, dipastikan usaha Anda akan sulit maju dan kemitraan semacam itu sebaiknya digentikan.

Buat aturan main yang jelas

Dalam bekerja, aturan main yang jelas wajib dibuat dan disepakati sejak awal. Demi menghindari kesalahpahaman atau kesalahan dalam bekerja, buatlah kesepakatan dengan mitra mengenai sistem kerja Anda, tergantung pada jenis kemitraan Anda. Ini juga menyangkut masalah uang yang seringkali menimbulkan perselisihan antar pengusaha.

Dan pastikan untuk selalu menjaga hubungan baik Anda dengan mitra kerja Anda. Dalam dunia usaha Anda tidak bisa berdiri sendiri, Anda tetap butuh pihak-pihak lain untuk membantu Anda atau menyediakan apa yang Anda butuhkan. Karena itulah memilih jenis kemitraan dan mitra yang baik harus dilakukan dengan cermat sejak awal.

Nah setelah Anda memahami semua hal di atas, kini saatnya Anda mencari mitra kerja terbaik untuk mendukung usaha Anda. Anda bisa mencarinya secara online di marketplace-marketplace ternama atau Anda bisa membuka woro-woro online. Biasanya ada banyak sekali agen yang menawarkan kerjasama dengan syarat dan ketentuan tertentu. Pastikan untuk membaca dan memahami semua poinnya.

Dan yang paling penting adalah jangan mudah patah semangat. Mungkin suatu ketika Anda mendapatkan partner yang buruk, tidak jujur, sulit diajak komunikasi, dan sebagainya. Anggaplah itu sebagai batu rintangan kecil dalam berusaha. Jangan jadikan hal itu sebagai batu ganjalan Anda sebab Anda akan rugi sendiri. Teruslah mencari partner kerja yang brilian yang bisa saling mengisi kekurangan satu sama lain dengan Anda.

Pastikan juga untuk menjaga hubungan baik dengan mitra Anda. Perlakukan dia benar-benar sebagai partner kerja, bukan atasan atau bawahan. Cobalah saling menghargai dan suportif, maka kemitraan Anda bisa bertahan lama menuju jalan kesuksesan. Selamat berusaha!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *