Bisnis di Pinterest

Tips Menggunakan Pinterest untuk Marketing Bisnis Anda

Saat Anda memutuskan komponen strategi pemasaran media sosial Anda, satu platform yang mungkin ingin Anda pertimbangkan adalah Pinterest. Jika Anda ingin meningkatkan pemasaran media sosial Anda, baca terus artikel ini untuk mengetahui dengan tepat apa itu Pinterest dan manfaat menggunakannya untuk memasarkan bisnis Anda.

Bisnis di Pinterest

Apa itu Pinterest?

Sederhananya, Pinterest adalah pinboard online. Situs ini digunakan orang untuk menyimpan dan mencari informasi dan gambar di web atau di seluruh board lain dalam bentuk gambar, teks, GIF animasi, dan video. Dengan channel media sosial ini, pengguna dapat mengumpulkan potongan-potongan rumah impian mereka, konsep pernikahan yang sempurna, mode pakaian yang diinginkan, dan banyak lagi. Ini gratis untuk digunakan, tetapi pengiklan harus membayar biaya iklan.

Pinterest mudah digunakan. Untuk memulai, buat akun. Kemudian, manfaatkan fitur-fitur ini:

– Anda dapat masuk untuk secara otomatis melihat konten yang mungkin menarik bagi Anda.

– Anda dapat menjelajahi konten, dan jika ada sesuatu yang menarik bagi Anda, klik di atasnya untuk dialihkan ke apa yang dikenal sebagai Pin. Atau, Anda dapat mengarahkan kursor ke Pin untuk menyimpan gambar ke board Anda.

– Setelah Anda membuat board, Anda dapat kembali kapan saja untuk meninjau apa yang telah Anda simpan.

– Anda dapat meninggalkan komentar dan like di board pengguna lain.

Sebelum kita membahas Pinterest lebih jauh, ada beberapa istilah kunci yang perlu diketahui:

– Pin Pinterest. Saat Anda menyukai sebuah Pin, Anda dapat menyimpannya ke board Pinterest dalam bentuk Pin Pinterest yang berfungsi sebagai penanda.

– Rich Pin. Ini adalah jenis pin organik yang secara otomatis menyinkronkan informasi dari situs web Anda ke pin Anda.

– Hashtag / tagar. Jika Anda sudah menggunakan media sosial seperti Twitter, Facebook, atau Instagram, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan hashtag atau tagar. Hashtag menggunakan simbol # yang menempatkan konten ke dalam kategori yang dapat dicari.

– Pinterest Board. Di sinilah Anda menyimpan, mengumpulkan, dan mengatur pin Anda.

– Promoted Pins. Sebagai bagian dari iklan versi Pinterest, Promoted Pins adalah Pin biasa yang dibayar oleh pengiklan untuk mendapatkan penempatan utama.

– Re-pin. Pin Re-pin adalah Pin yang disimpan ke board Pinterest.

– Pin Video. Sesuai namanya, pin ini berisi video.

Apa manfaat menggunakan Pinterest untuk bisnis?

Pinterest menawarkan banyak sekali manfaat untuk bisnis yang ingin meningkatkan pemasaran media sosial mereka. Kami akan membahasnya satu per satu di artikel ini.

Mendongkrak trafik situs web Anda

Karena Pinterest adalah mesin pencari selain channel media sosial, ini adalah salah satu channel paling efektif untuk mengarahkan trafik ke situs web perusahaan menggunakan taktik berbayar dan tidak berbayar. Dengan menautkan profil Pinterest Anda secara dekat ke situs web Anda dan memberi pengguna cara mudah untuk mengklik ke halaman arahan pilihan Anda, Anda dapat mengarahkan lalu lintas dari platform media sosial ke situs web Anda sendiri.

Meningkatkan brand awareness

Pinterest menawarkan peluang besar bagi brand Anda untuk dikenal dan dilihat oleh audiens baru yang besar, sehingga meningkatkan kesadaran merek alias brand awareness. Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan memposting konten yang menarik, menggunakan tagar yang relevan, dan mempromosikan pin terpenting Anda melalui opsi periklanan berbayar di platform itu.

Meningkatkan penjualan

Sekitar 89% pengguna Pinterest yang berbasis di Amerika Serikat mencari inspirasi dalam perjalanan mereka untuk membeli, menurut Sprout Social. Selain itu, 47% Pinner masuk ke situs untuk berbelanja. Hasilnya, Pinterest terbukti empat kali lebih efektif daripada saluran media sosial lainnya dalam meningkatkan penjualan.

Mengidentifikasi tren baru

Pinterest memberikan kesempatan untuk tetap relevan di pasar yang ramai. Dengan memiliki akun Pinterest, Anda dapat terus mengikuti tren terbaru dalam industri Anda. Sebagai contoh, jika Anda seorang desainer interior, Anda dapat meneliti jenis desain rumah apa yang paling banyak disimpan pengguna ke board mereka sendiri. Anda juga dapat melacak pin di board Anda yang paling populer dengan pengguna Pinterest.

Menemukan prospek baru

Menurut Woobox, Anda dapat mengerjakan pembuatan prospek di Pinterest dengan beberapa cara, termasuk kontes Pin to Win. Pengguna menyimpan pin ke board mereka sendiri untuk mendapatkan entri ke kontes. Cara lain adalah dengan menyimpan pin dengan gambar menarik yang mengarah ke konten bernilai tinggi.

Semua pin di board Anda tidak harus selalu berupa gambar produk ke halaman penjualan. Pinterest menyediakan opsi periklanan bagi bisnis untuk meningkatkan kesadaran merek. Iklan Pinterest dapat dilakukan sebagai video atau foto dan mengarah ke URL yang Anda pilih. Bid-lah ruang iklan dan lacak metrik untuk kampanye Pinterest Anda.

Mendorong keterlibatan dengan pengguna

Upaya media sosial bisnis Anda harus ditujukan untuk meningkatkan keterlibatan. Tidak semua pengikut media sosial akan menjadi pelanggan Anda awalnya. Namun karena interaksi yang bermakna melalui media sosial meningkat, Anda cenderung membuat konversi. Alih-alih melihat angka penjualan, pelajari metrik yang menyertakan like dan share di Pinterest.

Contoh brand yang sukses dengan pemasaran Pinterest

Jika dilakukan dengan benar, pemasaran Pinterest bisa menjadi sangat efektif. Berikut beberapa brand yang sukses di platform media sosial:

EmJacquelyn

Emma Jacquelyn menggunakan Pinterest untuk meningkatkan trafik webnya. Untuk melakukannya, dia membuat postingan blog dengan banyak grafik berdasarkan konten yang sedang tren di Pinterest. Sebagai hasil dari pemasaran Pinterest, dia telah menarik lebih dari 8.000 pengunjung baru ke situsnya dalam satu tahun terakhir dari Pinterest saja.

Oyster Creative

“Pinterest adalah platform yang sangat kuat,” kata Abbey Hudetz, pendiri dan direktur kreatif Oyster Creative. “Mengeposkan konten asli yang ditautkan ke situs web Anda adalah salah satu strategi utama untuk meningkatkan lalu lintas web secara organik. Untuk klien e-commerce kami, memanfaatkan fitur e-commerce yang kuat dari platform ini sangat penting. Anda tidak hanya dapat menghubungkan inventaris online Anda dengan Facebook atau Instagram, tetapi Pinterest juga menawarkan Rich Pin.”

The Close

Situs web real estate The Close saat ini memposting 10 kali sehari, yang telah menghasilkan lebih dari 200.000 lebih banyak pengunjung bulanan ke halaman Pinterest-nya dan meningkatkan klik ke situs webnya sebesar 20%. Mereka juga melacak Pin mana yang terbaik dan membuat desain baru untuk topik yang sama. Jika Pin tidak berfungsi dengan baik, mereka mencoba overlay teks atau judul yang berbeda atau mengganti warna desain sampai mereka menemukan kombinasi yang sesuai untuk audiens mereka.

Itulah beberapa alasan Anda perlu menggunakan Instagram untuk mendongkrak bisnis Anda. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya sekarang? Beri tahu kami di kolom komentar ya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *