Bisnis pensiun

Jenis-jenis Usaha yang Cocok Dilakukan Setelah Anda Pensiun

Dalam dunia kerja, banyak orang memilih pekerjaan tetap sebagai karyawan, baik itu karyawan swasta maupun pegawai negeri. Kedua jenis pekerjaan itu ada masa pensiunnya, yaitu masa ketika seorang karyawan sudah berada pada usia tertentu dan tidak lagi dipekerjakan perusahaan atau instansi. Pegawai negeri mendapatkan tunjangan pensiunan, sedangkan karyawan swasta mendapat pesangon. Sesuai aturan UU Ketenagakerjaan, usia pensiun seorang pekerja adalah 55-60 tahun.

Bisnis pensiun

Menikmati masa tua memang menyenangkan. Anda bisa beristirahat dengan tenang di rumah, tidak lagi terjebak dalam rutinitas kerja yang sudah Anda jalani selama sekian puluh tahun, dan Anda bisa melakukan apa saja yang selama ini ingin Anda lakukan namun terbentur tuntutan kerja.

Tapi bagi Anda yang sudah terbiasa bekerja sejak muda dan tak bisa hanya diam santai saja di rumah, pasti Anda ingin bekerja lagi bukan meski usia sudah tua? Terlebih, Anda merasa masih cukup produktif dan bisa menambah pemasukan. Banyak kelebihan bekerja di masa pensiun, misalnya:

Manfaat Bisnis Pasca Pensiun

Menambah penghasilan

Setiap bisnis pasti mencari keuntungan, bukan? Dengan mengisi hari pensiun Anda dengan sesuatu yang produktif seperti berbisnis, Anda bisa mendapatkan pemasukan baru tanpa perlu mengandalkan uang pensiunan atau pesangon.

Tetap sehat dan bugar

Usia tua bukan berarti Anda hanya perlu tiduran, duduk, dan bersantai di rumah. Ini justru tidak sehat. Dengan memiliki bisnis baru, Anda akan tetap giat beraktivitas setiap hari. Usia boleh tua, tapi produktivitas tetap terjaga dengan baik.

Menjaga kesehatan mental

Usia tua rentan terhadap stres dan depresi, belum lagi berbagai penyakit mental terkait umur seperti Alzheimer dan demensia. Ini semua tak perlu terjadi bila Anda punya kegiatan menarik untuk dilakukan, seperti berbisnis di bidang yang baru. Otak Anda akan terus terstimulasi dan kesehatan mental Anda pun akan semakin prima.

Menambah relasi

Anda mungkin sudah punya beberapa relasi bisnis yang menguntungkan selama jadi karyawan, lalu mengapa Anda tak mencari relasi baru yang sama menguntungkannya sekarang? Bila Anda berbisnis, secara otomatis relasi bisnis Anda akan bertambah. Relasi yang tepat bisa membuat bisnis Anda semakin lancar.

Tidak ada yang salah dengan bekerja di usia pensiun selama seseorang tersebut mampu berkomitmen pada pekerjaan barunya. Tentunya bidang usaha yang harus Anda masuki adalah non-formal atau wiraswasta karena Anda sudah tak memungkinkan lagi untuk bekerja formal di perusahaan. Apa saja bidang-bidang pekerjaan yang cocok untuk pensiunan?

Bisnis Pasca Pensiun

Bisnis yang sesuai skill

Bila Anda lama bekerja sebagai desainer grafis di perusahaan, kenapa Anda tidak memakai skill itu lagi meski sudah pensiun? Anda penerjemah di sebuah perusahaan penerbitan? Maka jadikan itu sebagai pekerjaan baru Anda yang kini sifatnya lepas atau freelance. Lama mengajar bahasa Inggris di sekolah atau kampus? Anda bisa memanfaatkan skill itu untuk membuka kursus. Intinya, jalanilah bisnis masa pensiunan dengan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang Anda geluti selama ini.

Bisnis di luar skill

Ada kalanya Anda sudah bosan dengan pekerjaan Anda selama ini. Anda sudah menjadi penerjemah selama bertahun-tahun, Anda mungkin sudah bosan, lelah, dan ingin mencoba usaha baru. Atau Anda yang sejak muda sudah bergelut di bidang otomotif dan kini ingin beralih ke bisnis lain, maka tak ada salahnya mencoba berbagai jenis bisnis baru. Berikut contoh-contohnya.

Peternakan

Bagi Anda yang punya passion dalam dunia peternakan, ingin mencoba dunia ini, atau memang sudah lama bercita-cita menjadi peternak di usia tua, maka cobalah bisnis ini. Ada banyak jenis hewan yang bisa Anda ternakkan, dari hewan sembelihan seperti sapi, kambing, dan domba, unggas seperti ayam dan bebek, atau hewan peliharaan seperti burung, ikan hias, kucing, dan bahkan anjing. Bisnis ini sangat menjanjikan dan Anda bisa menjalaninya dengan senang di masa tua.

Agrobisnis

Tak terlalu tertarik dengan dunia peternakan? Tenang saja, Anda bisa mencoba dunia tanaman. Agrobisnis juga tak kalah menjanjikannya lho. Anda bisa menggunakan dana pensiunan atau pesangon Anda untuk memulai bisnis pasca-pensiun ini. Jenis komoditasnya bermacam-macam, dari sayuran, buah-buahan, tanaman dapur, hingga tanaman hias. Anda bahkan bisa menjual bibit dan biji tanaman secara online.

Kos-kosan/kontrakan

Ini adalah jenis bisnis yang nyaris pasif karena Anda hanya perlu membeli atau membangun rumah menjadi kos-kosan atau kontrakan, maka uang akan mengalir sendiri setiap bulannya. Carilah lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus, mall, atau rumah sakit karena banyak pencari kos/kontrak yang beraktivitas di tempat-tempat itu. Anda perlu menabung sejak masih bekerja agar bisa memiliki rumah untuk dikoskan atau dikontrakkan.

Toko kelontong/sembako

Jika Anda sudah lama ingin berdagang, maka toko kelontong atau toserba bisa Anda coba. Tak harus memiliki ruko atau toko di pinggir jalan, Anda bisa membuka toko kelontong atau bahkan toko sembako di rumah Anda. Anda bisa mengelola toko itu sendiri atau bersama keluarga. Banyak karyawan yang sudah mendekati masa pensiun merintis usaha toko untuk kemudian ditekuni ketika sudah benar-benar pensiun.

Rumah makan

Anda pandai memasak? Maka ada baiknya Anda mulai terjun ke dunia kuliner dengan membuka warung, kafe, kedai, atau resto. Ini bisa menjadi sesuatu yang baru untuk Anda yang notabene adalah mantan karyawan. Anda bisa bebas menentukan lokasi usaha, menu-menu, desain interior dan eksterior rumah makan, manajemen keuangan, dan promosi. Semuanya bisa Anda lakukan sendiri dan ini pasti menyenangkan.

Fashion

Berikutnya adalah bidang fashion. Ada banyak pilihan sektor yang bisa Anda terjuni. Anda bisa berdagang pakaian secara konvensional dengan membuka toko baju atau butik sendiri atau membuka toko online dan memasarkan produk-produk Anda ke media sosial. Tak ada kata tua untuk bisnis yang satu ini. Bila modal terbatas, Anda bisa mencoba menjadi reseller yang tentu saja tetap menjanjikan. Bisnis fashion online bisa dikelola dengan santai dari rumah, cocok untuk mengisi hari-hari tua Anda.

Masih banyak jenis bisnis yang bisa Anda lakukan di masa pensiun. Namun apapun bisnis yang Anda tekuni, pastikan Anda menjadi bagian dari komunitas sosial media, baik itu WhatsApp, Facebook, maupun Instagram. Pasalnya melalui jejaring-jejaring sosial inilah Anda tetap terhubung dengan semua orang dan bisa dengan mudah memasarkan usaha Anda.

Ini adalah era digital di mana dunia usaha offline harus dikawinkan dengan dunia online. Segala kemudahan bisnis disediakan oleh dunia maya. Fasilitas canggih seperti Google Maps bisa Anda nikmati secara gratis. Maka dari itu jangan sampai deh Anda gaptek di zaman modern ini, terus tingkatkan kemampuan IT dan dan perluas jaringan bisnis Anda dengan internet.

Demikian pembahasan kami seputar bisnis yang bisa Anda geluti seusai pensiun. Semoga menginspirasi ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *