Bisnis PPOB

Mengenal Bisnis PPOB Online, Cara Pintar untuk Sukses

Di era digital ini, segala sesuatunya menjadi semakin canggih dan cepat. Dalam urusan pembayaran segala macam tagihan, kini orang tak perlu capek-capek mengantri panjang di loket, cukup online saja dan segala pembayaran bisa dilakukan. Bagaimana caranya? Dengan membayar di loket PPOB! Apa sih PPOB itu?

Bisnis PPOB

PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Banking. Ini adalah sebuah mekanisme pembayaran online yang terintegrasi dengan perbankan secara real time dan online, sehingga sinkronisasi data berlangsung sangat cepat, transparan, dan aman. Dengan menggunakan fasilitas PPOB, masyarakat bisa menghemat banyak waktu, tenaga, dan biaya transportasi. Pasalnya, loket PPOB bisa diakses di mana saja melalui smartphone.

Sebelum ada PPOB, ada satu sistem perintis bernama SOPP (Semi Online Payment Point) yang juga bisa melakukan transaksi online, namun dalam sistem SOPP terdapat delay dan update datanya membutuhkan waktu, tidak secepat PPOB. PPOB yang semakin dikembangkan ini memungkinkan masyarakat melakukan pembayaran apa saja dengan mudah dan aman.

PPOB terjamin keamanannya dan tagihan online serta realtimenya memungkinkan tidak terjadi double payment atau human error lainnya. Pengguna bisa melihat secara langsung berapa tagihan mereka, kapan jatuh temponya, dan bagaimana cara membayarnya secara online, menggunakan e-wallet, m-banking, i-banking, ATM, dan lain sebagainya.

Ada berbagai jenis tagihan yang bisa dibayar dengan sistem PPOB, antara lain:

  • Pembayaran Tagihan Rekening Listrik PLN
  • Penjualan Token Prabayar PLN (Pulsa Listrik)
  • Pembayaran rekening Telephone dan Speedy (Telkom)
  • Penjualan Voucher Pulsa Elektronik (Semua Operator)
  • Pembayaran Rekening PDAM
  • Leasing
  • Transfer dan Ticketing (Tiket Kereta Api)
  • Iuran BPJS

Banyaknya jenis tagihan yang harus dibayarkan masyarakat setiap bulannya membuat bisnis PPOB menjamur. Masyarakat juga sudah lama mengenal sistem ini dan percaya dengan keamanannya, sehingga mereka tak ragu lagi untuk membayar tagihan mereka melalui loket PPOB.

Berbisnis PPOB

Dari segi bisnis, PPOB sebenarnya adalah jenis bisnis yang sangat menjanjikan, terutama di era digital seperti sekarang yang penetrasi dan persebarannya semakin luas. Masyarakat kian melek teknologi dan PPOB tidak hanya familiar di kota-kota besar saja, tapi di pinggiran dan pedesaan loket-loket PPOB juga banyak tersedia.

Nah bila Anda ingin menjajal satu jenis bisnis baru, PPOB bisa Anda coba. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis ini.

  • Tidak dipungut biaya pendaftaran

Berbisnis dengan membuka loket PPOB ternyata asyik karena Anda tidak dipungut biaya pendaftaran. Tak ada uang serupiah pun yang harus Anda setorkan untuk memulai usaha Anda.

  • Deposit bebas

Anda juga bebas menentukan nilai deposit Anda. Ini amat membantu bila Anda ingin berwirausaha namun terkendala modal, PPOB sangatlah fleksibel untuk pengusaha pemula.

  • Transaksi cepat dan mudah

Tak seperti yang dibayangkan, transaksi menggunakan PPOB ternyata mudah dan cepat. Siapapun bisa mempelajarinya dan melakukannya dengan gampang, tak perlu keahlian khusus.

  • Produk lengkap

Di PPOB, Anda bisa menawarkan aneka jasa pembayaran. Bukan hanya tagihan air dan listrik, Anda juga bisa melayani pembayaran tagihan telepon, internet, BPJS, asuransi, angsuran motor, angsuran alat elektronik, pemesanan tiket kereta api, dan masih banyak lainnya.

  • Menerima banyak bank

Anda juga bebas memilih mau memakai bank apa bila berbisnis PPOB. Ada pilihan bank yang populer, seperti BCA, Mandiri, BRI, dan BNI. Pilihlah bank yang paling banyak dipakai orang agar transaksi lancar.

  • Saldo tidak bisa hangus

Saldo yang Anda depositkan untuk modal PPOB Anda tidak akan pernah hangus alias akan selalu ada sampai kapanpun, tidak ada masa kadaluarsa atau masa aktifnya. Jadi Anda bisa nyaman bertransaksi atau menambah modal.

  • Menjadi passive income

Kelebihan lainnya adalah PPOB bisa menjadi sumber passive income Anda. Apapun bisnis yang Anda jalani, Anda tetap bisa berwirausaha dengan PPOB karena sistem ini simpel dan bisa dijadikan sambilan. Pemasukan Anda akan makin meningkat bila Anda memiliki banyak downline.

  • Tidak ada target penjualan

PPOB adalah bisnis yang bisa Anda kelola secara mandiri tanpa atasan atau pengawas, jadi Anda bebas mau berjualan kapan saja. Tidak ada target apapun yang ditetapkan, Anda bebas membuka tutup toko sesuka hati. Cashflow uang sepenuhnya Anda yang atur.

  • Efisien

Dan kelebihan paling utama dari PPOB adalah efisiensi, yaitu efisien waktu, tenaga dan biaya bagi pelanggan. Pelanggan amat terbantu dengan kehadiran PPOB yang bisa menangani segala jenis pembayaran tagihan mereka.

Dengan segala manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bisnis PPOB, maka tak ada alasan Anda tak mencobanya. Lalu bagaimana cara memulainya?

Mendirikan PPOB

Pada dasarnya, semua provider PPOB memiliki tata cara pendaftaran yang relatif sama, mungkin hanya ada sedikit perbedaan dalam hal aturan. Secara umum, ketika akan mendaftarkan PPOB, Anda perlu melakukan hal-hal berikut.

  • Mengisi formulir pendaftaran pendirian PPOB
  • Melampirkan Surat keterangan RT bagi perorangan (bila ada) / tidak wajib
  • Melampirkan fotokopi KTP
  • Melampirkan KK (bila usaha tersebut adalah usaha keluarga)
  • Membuka rekening BCA/Mandiri/BRI/BNI
  • Memiliki akses mobile banking dan internet banking di bank-bank tersebut

Setelah melakukan pendaftaran, Anda perlu menyiapkan beberapa perangkat kerja. Adapun peralatan kerja PPOB tidaklah rumit, Anda hanya perlu menyediakan komputer standar, printer untuk mencetak struk, serta koneksi internet yang lancar. Hebatnya lagi, transaksi lewat PPOB juga bisa dikerjakan lewat tablet atau smartphone.

Provider untuk berbisnis PPOB

Setelah Anda mengenal berbagai hal mengenai PPOB, kini saatnya Anda mencari tahu provider mana yang paling tepat. Sedikit tips, ketika memilih provider pelajari terlebih dahulu reputasi mereka. Jangan tergiur dengan segala iming-iming yang kurang masuk akal. Carilah provider yang mewajibkan deposit langsung ke pusat, bukan ke cabang. Dan pastikan mereka menerapkan sistem pendaftaran gratis atau berbiaya ringan.

Hal lainnya adalah pilihlah provider yang fee loketnya rendah, servernya lancar dan jarang gangguan, serta mendukung deposit multi bank. Provider yang baik juga akan menggunakan metode ticketing untuk memperlancar proses deposit. Dan terakhir, pastikan provider tersebut sudah memiliki banyak member, sudah eksis selama beberapa tahun, dan memiliki layanan support yang bagus.

Lalu apa provider terbaik untuk berbisnis PPOB? Well, ada banyak, termasuk e-commerce – e-commerce kenamaan kita seperti si hijau, si oranye, dan si merah. Tahu sendiri kan? Mereka adalah tiga e-commerce raksasa yang memiliki jutaan member, jadi Anda tak perlu ragu untuk mengawali bisnis PPOB Anda di sana. Baca setiap ketentuan mereka dengan seksama.

Soal pilihan, Anda bebas menentukan. Yang terpenting adalah Anda semangat menjalani usaha Anda. Jangan takut kalah saingan atau sepi pelanggan sebelum mulai melangkah. Ingatlah bahwa Anda berada di jaman yang tepat untuk berbisnis online, yaitu jaman digital sekarang ini!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *