Emas antam

Cara Berbisnis Logam Mulia Emas Batangan yang Benar dan Aman

Logam mulia adalah salah satu komoditas paling berharga di dunia. Dan logam mulia yang paling banyak ditransaksikan dan dibisniskan di dunia adalah emas. Logam mulia emas punya harga stabil yang cenderung naik, sehingga sangat ideal untuk dijadikan lahan bisnis. Emas sering dikaitkan dengan berbagai instrumen bisnis, investasi, dan tabungan. Dan di antara sekian bentuk emas, yang paling populer dan memiliki nilai ekonomi tinggi adalah emas batangan.

Emas antam

Bila Anda ingin berbisnis atau berinvestasi dalam bentuk emas batangan, maka emas dari PT. Antam adalah pilihan terbaik. Selama bertahun-tahun, PT. Antam (Aneka Tambang) Tbk memproduksi emas batangan yang berkualitas dan tidak bisa dipalsukan. Dalam setiap emas batangan yang dijual, PT. Antam menyertakan sertifikat resmi berisi berbagai informasi penting, mulai dari dimensi emas, berat emas, kadar kemurnian emas, hingga nomor seri emas tersebut.

Agar semakin aman, belilah emas PT. Antam dari distributor terpercaya, salah satunya adalah PT Pegadaian. Toko-toko emas terpercaya yang banyak ditemukan di kota-kota besar biasanya juga menjual emas antam. Di sana Anda bisa memilih emas antam sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan.

Sebelum membahas cara berbisnis emas antam, ada baiknya Anda menyimak beberapa kelebihan bisnis emas ini.

Kelebihan Bisnis LM

Harga stabil terkendali

Berbeda dengan investasi lainnya seperti mata uang, emas punya harga yang cenderung stabil dan bahkan naik setiap tahunnya. Ini lantaran emas merupakan komoditas tambang yang sangat terbatas sehingga mustahil akan terjadi kenaikan harga layaknya inflasi uang. Dengan mengenali sifat emas ini, seseorang bisa berbisnis emas dengan tenang.

Bisnis jangka panjang

Bisnis emas antam memang tidak bisa mendatangkan keuntungan besar dalam waktu singkat; sebaliknya, ini adalah jenis bisnis jangka panjang yang sangat baik. Alih-alih menabung di bank dengan bunga kecil, banyak orang memilih membeli emas batangan dan menyimpannya selama beberapa tahun sebelum menjualnya kembali dengan harga yang berlipat.

Modal fleksibel

Bila Anda ingin membuka bisnis restoran atau guesthouse, tentunya Anda butuh modal yang lumayan besar. Berbisnis emas antam tidak demikian karena modal yang dibutuhkan sangat fleksibel, tergantung kemampuan Anda. Setidak-tidaknya Anda hanya perlu membeli emas kepingan 0,5 gram untuk permulaan, dan bisa ditingkatkan menjadi 1, 2,3, 5, 10, 25, 50, 100, dan bahkan 1.000 gram. Anda bisa mengambil keuntungan dari selisih antara harga beli dengan harga jual saat ini.

Bisa dijadikan jaminan

Mendadak butuh uang? Tenang saja, Anda masih bisa mengamankan emas Anda sambil mendapatkan pinjaman uang. Caranya adalah menggadaikan emas bersertifikat Anda ke Pegadaian dengan bunga yang relatif kecil. Menggadaikan emas nilainya jauh lebih tinggi daripada menggadaikan alat-alat elektronik.

Mudah dicairkan

Bila sewaktu-waktu Anda butuh uang atau merasa sudah saatnya melepas emas antam Anda, jangan khawatir, Anda tidak perlu susah payah mencari pembeli. Cukup jual emas Anda di Pegadaian atau ke toko emas tempat Anda membelinya dan uang pun akan segera Anda dapatkan.

Dan masih banyak lagi keuntungan berbisnis emas antam bersertifikat, salah satunya lebih simpel dan aman. Jika sudah demikian, bagaimana cara memulai bisnis emas batangan? Apakah sulit? Tidak kok, berikut cara-caranya.

Tips Bisnis LM

Periksa keaslian emas batangan

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum berbisnis emas antam adalah memeriksa keaslian emas batangan. Sebagaimana dijelaskan di atas, agar semakin aman Anda disarankan membeli emas bersertifikat dari distributor atau toko perhiasan terpercaya. PT. Antam menyertakan dokumen resmi berisi berbagai informasi seperti dimensi, berat, warna dominan, ketebalan kemasan, penandatanganan, gambar, dan tujuan penggunaan.

Dalam atribut kemasan ada beberapa logo dan simbol yang perlu Anda ketahui, mulai dari logo logam mulia (LM), akreditasi, website perusahaan, info garansi pembelian kembali, serta spesifikasi produk seperti dijelaskan di atas (termasuk nomor seri). Kode keamanan emas antam memiliki beberapa bagian, yaitu logo LM yang dicetak dengan tinta khusus, kode produksi berukuran mikro, sticker Antam berhologram, barcode, dan dikemas dalam plastik tembus pandang berhologram kode LM.

Setelah Anda sudah memastikan emas Anda asli, Anda bisa mulai membisniskannya dengan beberapa cara, antara lain:

Cara Bisnis LM

Investasi klasik

Ini adalah cara paling mudah dalam berbisnis emas, yaitu beli di harga murah dan jual di harga tinggi. Selisihnya adalah keuntungan Anda. Karena itulah sebelum membeli atau menjual emas, selalu cari informasi terlebih dahulu tentang harga emas terkini di website-website emas atau investasi terkemuka, termasuk di website PT. Antam sendiri.

Tabungan emas

Alih-alih menjualnya di saat harga naik, Anda bisa memilih untuk terus menyimpan emas Anda dalam waktu yang sangat lama. Tentukan tujuan investasi Anda, entah itu untuk biaya menikah, menyekolahkan anak, berlibur ke luar negeri, membuka bisnis baru, atau beribadah ke tanah suci. Tabungan emas Anda akan relatif stabil, tidak mudah guncang seperti mata uang.

Gadai untuk usaha

Teknik ini banyak dilakukan oleh calon penguasaha. Setelah membeli emas dalam jumlah besar, dia akan menggadaikannya dan menggunakan uangnya untuk membuka usaha baru. Dalam hal ini Anda menjalankan dua model bisnis sekaligus, yaitu menabung emas dan membuka usaha. Rencanakan usaha Anda sebaik-baiknya atau bila tidak emas Anda di Pegadaian tidak akan tertebus dan lenyap.

Trading gold

Cara lain adalah trading gold yang sama seperti trading forex (foreign exchange/mata uang). Trading ini menggunakan emas atau uang virtual yang diperdagangkan di dunia maya mengikuti harga pasaran terkini. Trading gold tergolong high risk dan tak disarankan oleh pemula yang tidak bisa membaca instrumen trading online. Namun bagi seorang profesional, trading emas secara online bisa mendatangkan keuntungan cepat dalam waktu singkat.

Kesimpulan

Sekarang jelas bukan apa itu bisnis emas, bagaimana cara mainnya, bagaimana potensi rugi-labanya, dan sebagainya. Kini semuanya terserah Anda, apakah Anda berani terjun ke bisnis ini? Yang pasti, tidak ada bisnis yang dijamin 100% untung. Resiko rugi itu pasti ada, hanya saja untuk emas resiko ruginya cukup minim.

Tetaplah mengatur modal keuangan Anda sebaik mungkin. Pisahkan antara uang untuk kebutuhan hidup, tabungan, rekreasi, dan bisnis. Jangan semua uang dimasukkan dalam bisnis dan sebaiknya jangan berbisnis satu jenis saja. Ingat, jangan taruh telur di satu keranjang yang sama. Semua bisnis butuh analisa yang jeli dan teliti agar Anda tidak terjebak dalam jenis bisnis yang tidak jelas dan hanya mendatangkan defisit keuangan.

Demikianlah pembahasan kami tentang lika-liku bisnis emas batangan. Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda dan memicu Anda untuk berbisnis emas, tentunya dengan lebih berhati-hati. Bisnis LM tetap menjanjikan di sepanjang waktu, Anda bisa memulainya hari ini juga.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *