Bisnis Pinterest

Mendaftar Akun Bisnis Pinterest dan Memaksimalkan Fitur Bisnisnya

Menyambung artikel kami sebelumnya tentang Tips Menggunakan Pinterest untuk Marketing Bisnis Anda, kali ini kami akan membahas cara mendaftar akun bisnis Pinterest dan menggunakannya untuk pemasaran. Langsung saja kita bahas.

Bisnis Pinterest

Cara setup akun bisnis Pinterest

Menyiapkan akun bisnis Pinterest cukup cepat dan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan dan menjalankan akun bisnis Pinterest Anda dalam waktu singkat:

Kunjungi Pinterest untuk memulai

Buka pinterest.com, atau unduh aplikasi seluler.

Buat akun bisnis

Anda akan diminta untuk membuat akun pribadi atau akun bisnis. Pilih “Buat akun bisnis”.

Ikuti petunjuknya

Isi semua form yang disediakan:

– Nama Bisnis

– Situs web

– Negara

– Bahasa

– Fokus brand Anda

– Rekomendasi ubahsuaian yang Anda inginkan

– Platform e-commerce yang Anda gunakan

– Apakah Anda tertarik menjalankan iklan Pinterest

Pilih dari mana Anda ingin memulai

Langkah ini agak disesuaikan berdasarkan bagaimana Anda menjawab pertanyaan sebelumnya.  Langkah pertama dalam pemasaran di Pinterest adalah memamerkan brand Anda sehingga Anda dapat mengembangkan audiens Anda.

Sesuaikan profil Anda

Untuk menggunakan Pinterest secara efektif, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan profil yang menarik. Isi halaman profil untuk memasukkan elemen-elemen ini:

– Nama tampilan: nama perusahaan Anda

– Nama pengguna: juga nama perusahaan Anda

– Biografi: deskripsi singkat yang memberi tahu pengguna tentang perusahaan Anda

– Informasi kontak: alamat email publik, nomor telepon publik dan / atau alamat perusahaan Anda

Jelajahi dan sesuaikan pengaturan lain yang sesuai

Pinterest menawarkan opsi tambahan ini:

– Klaim. Gunakan ini untuk mengklaim akun Pinterest lain yang Anda miliki, termasuk akun Instagram, akun toko Anda, dan akun YouTube.

– Bulk Pin. Pinterest menawarkan opsi untuk menerbitkan pin secara otomatis dengan menghubungkan umpan RSS atau menggunakan file .csv untuk membuat video massal. Meskipun hal ini memungkinkan beberapa efisiensi dalam pengeposan, itu berarti Anda tidak dapat menyesuaikan setiap Pin.

– Notifikasi. Mendaftar untuk pemberitahuan Pinterest adalah ide yang bagus. Pilih untuk mendapatkannya di Pinterest, melalui email atau dengan pemberitahuan push sehingga Anda dapat mempelajari tentang pembaruan penting Pinterest dan area lain yang Anda minati.

– Privasi dan data. Pilih siapa yang dapat menyebutkan halaman Anda, sesuaikan privasi pencarian (jangan matikan jika Anda adalah merek yang ingin ditemukan) dan personalisasi halaman Anda.

– Keamanan. Aktifkan otentikasi dua faktor dan tunjukkan perangkat yang terhubung.

– Aplikasi. Lacak aplikasi tempat Anda menggunakan profil Pinterest untuk masuk.

Tambahkan gambar sampul

Langkah terakhir adalah menyesuaikan halaman Anda dengan foto sampul. Fitur ini tidak tersedia di Pengaturan. Untuk mengaksesnya, klik gambar profil Anda di pojok kanan atas halaman Anda. Konten visual adalah kunci di Pinterest dan gambar sampul tidak terkecuali.

Cara menggunakan Pinterest untuk pemasaran

Sekarang saatnya mulai memposting di Pinterest. Posting adalah bagian penting dari strategi pemasaran Pinterest dan merupakan sesuatu yang perlu Anda lakukan untuk sukses. Memiliki strategi yang tepat dapat membantu bahkan sebelum Anda menyiapkan channel media sosial ini sehingga Anda dapat menyesuaikan halaman sesuai dengan pedoman yang ditetapkan dalam strategi Anda. Saat membuat strategi Pinterest Anda, salah satu pendekatannya adalah mengacu pada 7 P pemasaran:

– Product

– Promotion

– Price

– Place

– People

– Process

– Physical evidence

7 P dikembangkan pada tahun 1960 oleh E. Jerome McCarthy dan diterbitkan dalam bukunya Basic Marketing. Bisnis dapat menyesuaikan item ini sesuai kebutuhan agar sesuai dengan keadaan, produk, dan layanan unik mereka. Untuk memasarkan di platform apa pun, penting untuk mengetahui audiens Anda.

Inilah cara 7 P berlaku untuk strategi pemasaran Pinterest:

Product

Tata setiap produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan Anda yang dapat menarik bagi audiens target Anda di Pinterest. Pertimbangkan produk dan layanan mana yang paling visual, karena gambar itulah yang akan menarik perhatian Pinterest. Kemudian, pertimbangkan untuk meninggalkan produk dan layanan yang kurang menarik untuk strategi pemasaran Anda yang lain. Daftar ini akan berguna setelah Anda mulai membuat konten Pinterest. Tempatkan produk dan layanan Anda yang paling menarik secara visual di bagian atas daftar Anda.

Promotion

Bagian strategi Anda ini menjelaskan bagaimana Anda akan mempromosikan produk dan layanan Anda. Dalam hal ini, Anda mempromosikannya di Pinterest, tetapi pastikan untuk mencatat apakah Anda akan menyertakan iklan Pinterest dan, jika demikian, jenis iklan Pinterest yang akan Anda gunakan.

Price

Harga produk dan layanan Anda mungkin sudah ada di situs web Anda, tetapi pastikan harga tersebut terbaru dan mudah diakses. Arahkan audiens Anda ke halaman harga Anda untuk detail lebih lanjut, untuk meningkatkan trafik web dan memindahkan prospek di sepanjang corong konversi Anda.

Place

Tempat mengacu pada alamat fisik perusahaan Anda. Anda memerlukan alamat fisik untuk menyiapkan halaman bisnis Anda. Jika bisnis Anda dijalankan dari jarak jauh, untuk tujuan keamanan, siapkan P.O. Box. Jika Anda menargetkan lokasi tertentu, daftarkan untuk disertakan dalam taktik Pinterest pengoptimalan mesin telusur (SEO) lokal, lalu gabungkan lokasi ini ke dalam deskripsi Pin Anda.

People

Dalam pengertian tradisional 7 P, Orang mengacu pada orang-orang di organisasi Anda. Sertakan orang-orang yang akan mengelola strategi pemasaran Pinterest Anda, tetapi juga termasuk orang-orang dalam audiens target Anda.

Untuk membantu menentukan audiens target Anda, buat hingga lima persona pembeli, yang mewakili pelanggan ideal Anda. Saat mengembangkan persona pembeli Anda, pikirkan tentang karakteristik berikut:

– Rentang usia

– Lokasi

– Pekerjaan

– Jenis kelamin

– Apa yang memotivasi mereka dalam pekerjaannya

– Apa yang memotivasi mereka di rumah

– Tiga masalah utama yang mereka miliki

– Ke mana mereka mencari informasi

– Apa yang dicari pelanggan Anda di web (untuk membantu SEO Pinterest Anda)

– Merek lain yang mereka minati (sehingga Anda dapat mengunjungi halaman tersebut dan berinteraksi dengan mereka)

Process

Secara tradisional, proses mengacu pada langkah-langkah yang harus diikuti prospek untuk melewati perjalanan penjualan, dan langkah-langkah tersebut juga berlaku untuk Pinterest. Pertimbangkan seperti apa proses Anda nantinya. Misalnya, jika Anda menjual produk dalam kategori yang sudah mapan, seperti pakaian yang terjangkau atau produk hewan peliharaan, masuk akal untuk mengirim prospek langsung ke halaman penjualan.

Physical evidence

Inilah yang dilihat pelanggan Anda ketika mereka berinteraksi dengan bisnis Anda. Dengan Pinterest, itu adalah bagian dari strategi Anda yang mencakup proses pembuatan konten. Setiap pos harus ditulis dengan suara perusahaan Anda. Di beberapa pin, Anda mungkin ingin menyertakan warna dan tagar brand. Pastikan juga untuk membuat konten yang sesuai dengan persona pembeli Anda. Untuk mendapatkan ide tentang tampilan pin Anda, teliti apa yang dilakukan pesaing Anda, dan selalu sertakan gambar yang menarik dengan deskripsi produk.

Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *