Listrik Token

Cara Menjadi Agen Pulsa Elektrik All Operator Murah dan Laris

Listrik prabayar adalah inovasi terbaru PLN (Perusahaan Listrik Negara) yang diberlakukan nyaris pada seluruh rumah di Indonesia. Dengan listrik prabayar, masyarakat kini bisa mengisi ulang sendiri listriknya sewaktu-waktu tanpa perlu antri membayar tagihan di kantor PLN atau loket pembayaran lainnya. PLN menyebut terobosan ini sebagai Listrik Pintar.

Listrik Token

Dibandingkan listrik pascabayar, listrik prabayar jauh lebih ekonomis dan praktis. Banyak sekali kelebihan lain yang ditawarkan listrik pintar, karena itulah kian hari kian banyak masyarakat yang beralih menggunakannya. Instalasi meteran listrik prabayar gratis dan perawatannya sederhana. Pulsanya pun tersedia di mana-mana, sehingga pengguna tidak perlu khawatir kesulitan membeli pulsa karena pulsa selalu ada (tidak mungkin langka seperti tabung LPG).

Sebelum membahas lebih jauh tentang bisnis pulsa listrik dan pulsa elektrik all operator, kita simak yuk beberapa kelebihan listrik pintar.

Pemakaian listrik lebih terkendali

Penggunaan listrik pintar sepenuhnya berada di bawah kendali penghuni rumah. Mereka bebas menentukan kapan harus mengisi ulang pulsanya dan di mana membeli pulsanya. Nominal pulsanya pun bermacam-macam, ada yang 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu, 250 ribu, 500 ribu, dan 1 juta. Pengguna tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

Cara pengisian pulsa ke meteran pun mudah, siapapun bisa melakukannya. Mereka hanya tinggal menginput kode voucher pulsa ke meteran untuk menambah daya listriknya. Jangan khawatir, kode voucher pulsa listrik unik dan aman, jadi tidak mungkin bisa tertukar dengan milik orang lain.

Mendorong hidup hemat

Disadari atau tidak, menggunakan listrik pintar mendorong orang untuk hidup lebih hemat. Karena pengguna sepenuhnya mengontrol pemakaian listriknya, mereka bisa mengetahui dengan pasti berapa beban bulanan mereka dan berapa uang yang harus mereka keluarkan untuk membeli pulsa. Jika listrik cepat habis dan meteran sering berbunyi, artinya daya yang mereka beli kurang besar atau sebaliknya, penggunaan mereka terlalu tinggi.

Agar tak cepat habis, pengguna harus pandai-pandai mengatur penggunaan listriknya. Alat-alat eketronik yang tak diperlukan sebaiknya dimatikan untuk menghemat listrik. Berbagai cara akan mereka lakukan untuk menghemat listriknya sehingga mereka tidak perlu sering-sering membeli pulsa.

Tak ada denda keterlambatan

Listrik prabayar bebas diisi ulang kapan saja. Sebaliknya, listrik pascabayar harus dibayar setiap tanggal tertentu, sehingga bila pengguna terlambat membayar sesuai tanggal jatuh tempo, maka mereka akan terkena denda. Ini tentunya bisa menambah beban pengeluaran, apalagi jika pengguna sering telat karena berbagai alasan, misalnya sedang ke luar kota. Dengan listrik pascabayar, listrik bisa dibeli di awal dan dipakai seperlunya.

Tidak ada pencatatan meteran

Dalam sistem lama listrik pascabayar, petugas PLN rutin mengunjungi rumah-rumah penduduk untuk mencatat penggunaan listrik di meteran. Kendala yang dihadapi petugas seringkali adalah pagar rumah dikunci sehingga mereka tidak bisa melihat meteran atau letak meteran diubah ke tempat yang sulit dijangkau. Akibatnya, masalah tagihan bisa muncul belakangan.

Itu tak akan terjadi bila Anda memakai listrik prabayar. Tidak ada petugas yang akan datang ke rumah Anda dan mencatat penggunaan listrik. Anda bisa mengetahui langsung berapa penggunaan Anda lewat layar digital kecil di meteran.

Tidak ada masa aktif pulsa

Anda pasti tahu bahwa pulsa telepon selalu memiliki masa aktif dan masa tenggat. Bila Anda sudah melewati masa aktif, maka pulsa Anda tidak bisa dipakai lagi alias hangus. Ini berbeda dengan token listrik. Tidak ada masa aktif, jadi bila Anda membeli voucher listrik, menginputnya ke meteran, lalu meninggalkan rumah selama berbulan-bulan tanpa ada pemakaian listrik, maka listrik Anda akan tetap utuh. Token listrik akan tetap aktif selama masih ada daya (kwh).

Tidak ada biaya bulanan

Dan yang pasti, penggunaan listrik pintar tidak dipungut biaya bulanan seperti listrik pascabayar. Pengeluaran Anda untuk listrik menjadi lebih ringan karena tidak ada biaya administratif lain yang dibebankan pada Anda.

Di samping berbagai kelebihannya, listrik pintar sebenarnya juga memiliki beberapa kekurangan meski tidak signifikan. Kekurangan tersebut antara lain:

Bisa mati sewaktu-waktu

Berbeda dengan listrik pascabayar yang akan terus menyala selama tidak ada pemadaman bergilir atau trouble di PLN, listrik prabayar bisa mati sewaktu-waktu bila Anda lupa mengisi ulang pulsanya. Meteran akan berbunyi dan mengeluarkan sinar merah kedip-kedip ketika daya listrik kurang dari 5 kwh. Ketika daya listrik menjadi semakin kecil, maka bunyinya akan semakin nyaring dan kedipnya semakin cepat. Bila listrik benar-benar jadi 0 kwh, maka listrik akan mati secara otomatis dan listrik rumah Anda akan padam sepenuhnya.

Biaya admin diganti harga pulsa

Bila listrik pascabayar membebani Anda dengan biaya admin bulanan, listrik prabayar membebani Anda dengan harga pulsa yang selalu ada punya selisih. Misalnya, bila Anda ingin membeli pulsa 20 ribu, maka penjual bisa menjualnya pada Anda dengan harga yang berbeda-beda, misalnya 22 ribu dan 23 ribu. Ini berlaku untuk semua nominal pulsa Anda.

Privasi kurang terjaga

Sebagaimana disinggung di atas, meteran akan berbunyi terus-menerus ketika daya listrik akan habis. Semakin sedikit sisa listriknya, semakin keras bunyinya dan kedipnya makin cepat. Selain suara meteran yang mengganggu, ini juga bisa membuat beberapa orang malu karena orang lain seperti tetangga tahu bahwa listrik kita habis. Apalagi bila kita belum punya uang untuk membeli pulsa, meteran listrik akan terus berbunyi tanpa henti dan ini akan membuat penghuni rumah tak nyaman.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan pulsa listrik. Nah kembali ke topik awal, bagi Anda yang kebetulan tinggal di kota besar dan ingin menambah penghasilan Anda, jangan bingung-bingung, Anda bisa menjajal bisnis jual beli pulsa listrik dan pulsa elektrik all operator. Bagaimana caranya?

Ada banyak aplikasi e-commerce yang bisa Anda pakai. Beberapa e-commerce atau mall online kita sudah punya sistem sendiri-sendiri yang mengatur sistem jual beli pulsa elektrik all operator. Yang pasti, pilihlah provider yang menyediakan pulsa listrik dengan harga termurah dan server tercepat, sehingga siap apun Anda bisa menjadi agen pulsa dan menjualnya ulang.

Dengan berbisnis pulsa di rumah, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Selain minim biaya, bisnis pulsa di rumah juga santai dan tak ribet. Anda tetap bisa menjalankan usaha Anda yang lain sambil jualan pulsa. Anda bahkan tak perlu modal besar untuk memulainya, cukup uang seadanya saja. Pemasukan sampingan bisa Anda dapatkan dan orang sekitar Anda juga terbantu ketika butuh pulsa dadakan.

Ingatlah jangan mudah menyerah dalam berusaha. Sekecil apa pun usaha Anda, Anda adalah bos bagi diri Anda sendiri. Selalu semangat dan tingkatkan usaha Anda sedikit demi sedikit. Yakinlah pada proses yang Anda jalani dan hasil akhir biarlah Tuhan yang tentukan. Selamat berusaha!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *